10 Negara dengan Harga Rokok Termahal di Dunia

BACA-BERITA-MITOS-DAN-FAKTA-PEROKOK.jpg

Bintang.com, Jakarta Saat ini masyarakat Indonesia tengah dikejutkan dengan kabar kenaikan harga rokok yang akan mencapai Rp. 50.000 per bungkus. Meski baru sebatas gagasan dari hasil studi –yang belum tentu diterima pemerintah– kabar ini sudah terlanjur membuat heboh dan menuai pro dan kontra.

Berdasar hasil studi yang dilakukan Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH, jika harga rokok dinaikan menjadi Rp.50.000, 72 persen dari 1000 orang yang disurvei, mengaku akan berhenti merokok.

Dengan alasan untuk menurunkan jumlah perokok juga, beberapa negara sudah memasang tarif mahal untuk sebungkus rokok, Australia contohnya.

NgerokokDulu copy

Belum lama ini pemerintah Australia kembali menaikan pajak atas tembakau sebesar 12, 5 persen untuk tahun 2017-2020. Dengan peningkatan pajak ini, harga sebungkus rokok di Australia bisa mencapai 40 dollar atau sekitar Rp 400.000 pada 2020.

Sementara itu, Sebuah survei yang dilakukan Deutsche Bank 2015 mengungkap fakta, harga rokok di Indonesia diklaim paling murah di dunia.

Berikut adalah 10 negara dengan harga rokok paling mahal di dunia :

1. Australia

Harga rokok per bungkus di negara kanguru ini sekitar 25 AUS$ atau sekitar Rp260.000. harga ini adalah termahal di dunia.

2. Canada

Harga rokok di Canada juga tidak jauh berbeda dengan harga rokok di Australia. Di negara ini sebungkus rokok dibanderol dengan harga sekitar CA$16-20 atau sebesar Rp160.000 – Rp200.000.

3. Inggris

Harga rokok di Inggris juga hampir sama dengan harga rokok di kedua negara di atas, yaitu sebesar 10GBP atau sebesar Rp170.000.

4. Selandia baru

Selandia baru berencana untuk menghilangkan peredaran rokok pada tahun 2025 kelak, sehingga negara ini terus menaikkan harga rokok dari tahun ke tahun. Harga sebungkus rokok di negara ini saat ini mencapai Rp221.153..

5. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang sangat keras melarang rokok, bahkan di negara ini terdapat larangan untuk memajang rokok di toko-toko. Harga sebungkus di Norwegia yaitu sekitar 75NOK atau sebesar Rp125.000

6. Irlandia

Rokok yang dijual di minimarket Irlandia dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp90.997.

7. Skotlandia

Pemerintah Skotlandia telah melarang pemajangan rokok di minimarket atau di toko-toko. Pemerintah negara ini sangat khawatir jika generasi muda mereka akan merokok di usia muda dan akan mengganggu kesehatan mereka. Sehingga pemerintah Skotlandia membanderol harga rokok cukup mahal, yaitu sekitar Rp93.490 per bungkusnya.

8. Swedia

Harga rokok di Swedia juga terbilang cukup mahal yaitu sekitar 80SEK atau sekitar Rp125.000, harga rokok di Swedia ini sama dengan harga rokok di Norwegia. Bisa dikatakan termasuk salah satu Negara ini rokoknya paling mahal di dunia.

9. Islandia

Untuk menekan jumlah konsumsi rokok, pemerintah negara ini telah memberlakukan larangan jual beli rokok di minimarket. Bahkan negara ini juga merencanakan untuk membatasi jumlah penjualan rokok dengan pembeliannya harus disertai resep dokter. Harga sebungkus rokok di negara ini yaitu sekitar Rp94.362.

10. Amerika Serikat

Di negara Paman Sam ini, terutama di Kota New York dan Los Angeles, harga rokok mencapai harga Rp150.000 per bungkus.

Sumber : http://www.bintang.com/lifestyle/read/2581934/10-negara-dengan-harga-rokok-termahal-di-dunia

 

Note : Jadi, kesimpulan yang bisa kita ambil dari artikel ini adalah kita bisa pergi ke Negara-negara tersebut untuk jualan rokok dari Indonesia disana.

Iklan

2 thoughts on “10 Negara dengan Harga Rokok Termahal di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s